Menyadari masih rendahnya minat baca bangsa Indonesia berdasarkan hasil penelitian UNESCO tahun 2011, yaitu baru mencapai 0,001 persen atau satu perseribu penduduk, maka sejak Juni 2013, telah dibuka perpustakaan umum masjid Jabal Arafah, yang diperuntukkan bagi jamaah dan siapa saja yang berkunjung ke Masjid Jabal Arafah. Beragam koleksi tersedia, baik itu buku umum; bisnis, hobi, bahasa, motivasi, sejarah, psikologi, dan tentu saja buku-buku Islami.

Pembangunan perpustakaan, sengaja didedikasikan atau dipersembahkan untuk semua warga masyarakat, penduduk tetap maupun pendatang, wisatawan dalam dan luar negeri.

Selain buku-buku yang berasal dari penyediaan sendiri, juga sumbangan, hibah, bantuan dari Perpustakaan Nasional RI, dari Provinsi Kepulauan Riau, Pemerintah Kota Batam, Perbankan, perusahaan swasta, dan perorangan.

Perpustakaan dengan luas area 50 meter persegi, dirancang agar pengunjung merasa nyaman. Dilengkapi dengan lima unit komputer PC -dengan akses internet yang dapat digunakan selama jam buka perpustakaan, yaitu setiap hari sepanjang tahun, sejak pukul 08.00 pagi s.d pukul 20.00 WIB, kecuali Hari Idul Fitri.

Pertama kali dibuka untuk umum sejak soft-launching, 7 Juli 2013, dan diresmikan secara penuh –grand opening pada tanggal 7 November 2013 oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Ibu Sri Sularsih.