Lembaga Amil Zakat Masjid Jabal Arafah (LAZ MJA) menggelar peresmian program Arafah Taqwa yang dilaksanakan pada hari sabtu, (11/03) pukul 10.00-12.00 wib, bertempat di audotorium Masjid Jabal Arafah kota Batam bersama siswa/i MA dan santri DTW Yayasan Iskandar Muda Kota Batam. Dalam acara tersebut dihadiri oleh ketua Lembaga Amil Zakt Masjid Jabal Arafah yang diwakili oleh divisi program Bapak Andriansyah, Ust. Drs. H Zainudin selaku Imam Besar Masjid Jabal Arafah,Ust Zakiyill Maula, S.Pd.I selaku kepala Madrasyah Aliyah (MA) Iskandar Muda, Bapak Drs Abdul Halim M.Pd,I selaku Ketua bidang pendidikan Yayasan Iskandar Muda serta beberapa guru pembimbing MA Iskadandar Muda dan para siswa/i MA dan santri DTW Iskandar Muda.

Acara yang digagas oleh Lemabga Amil Zakat (LAZ) Masjid Jabal Arafah ini merupakan salah satu dari 4 program yang ada pada LAZ Jabal Arafah dimana program tersebut terdiri dari pada Arafah Cerdas, Arafah Sehat, Arafah Peduli, serta Arafah Taqwa yang pada hari ini (11/3) di resmikan.

Kegiatan peresmian ini dimulai dengan penampilan hadroh dari beberapa siswa/i Iskandar Muda dan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Zaki, salah satu siswa MA Iskandar Muda. Kemudian diteruskan dengan sambutan dari Bapak Andriansyah mewakili Ketua LAZ Masjid Jabal Arafah. Dalam sambutannya Bapak Andriansyah selaku divisi program yang mewakili ketua LAZ Masjid Jabal Arafah menyamapaikan “ Program ini besifat pembinaan keislaman terhadap para siswa/i iskandar muda, sehingga mampu mewujudkan remaja yang memiliki karakter jiwa yang islami”. Salah satu dari pada program taqkwa ini adalah pembinaan dan pembelajaran kepda siswa/i untk membaca Al-Qura’an dan memahaminya sambut Andriansyah.

Dilanjutkan oleh Drs. Abdul Halim, M.Pd.I selaku ketua bidang pendidikan Yayasan Iskandar Muda mewakili Ketua Yayasan. “Adanya kerjasama antara LAZ Masjid Jabal Arafah bersama Yayasan Iskandar Muda sangatlah positif, dimana hal ini merupakan langkah dalam pemersatuan umat. وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا: Dan berpegang tegulah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai (Q.S Ali Imron 103), dengan bersatunya LAZ Masjid Jabal Arafah bersama Yayasan Iskandar Muda dalam rangka mengembangkan pendidikan Islam, memajukan Islam, membangun Islam serta menyatukan Islam. Sehingga melahirkan generasi yang mampu berkiprah di mata dunia dengan nilai-nilai keislaman.” Ujar beliau dalam sambutannya.

Kemudian sambutan tersebut diteruskan oleh Ust. Zakiyil Maula, S.Pd.I yang menyambut baik atas kerjasama ini, “Adanya kegiatan pengajian dari program Arafah Taqwa ini, Insya Allah siswa/i dan santri DTW akan mendapatkan ilmu, bimbingan yang mungkin sebelumnya tidak kita dapatkan di MA ataupun di DTW” sambut beliau. Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan bahwasannya kerjasama ini akan diresmikan pula di hari Rabu tanggal 15 Maret mendatang, yang Insya Allah akan dihadiri langsung oleh wali kota Batam dan Bintang tamu, Umi Tatum serta keluarga almarhum Uje dalam runtunan Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh Yayasan Iskandar Muda.
Sambutan-sambutan berlalu, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU program Arafah Taqwa, takbir terdengar lantang dari para peserta acara peresmian tersebut. Acara dilengkapi pula dengan tausiyah singkat dari Imam Besar Masjid Jabal Arafah, Drs. H. Zainuddin. Dalam tausiyahnya, Drs. H. Zainuddin menyampaikan pentingnya dalam menggalih dan mempelajari Al-Qur’an sehingga mengikuti dan mentadaburinya bernilai tinggi dalam membentuk insan-insan madani yang bertqwa. Acara diakhiri dengan do’a dari Drs. H. Zainuddin.

Yang menarik dari kegiatan ini ialah antusiasme yang besar siswa/i dan santri DTW dalam mengikuti kegiatan. Mereka rela berdesak-desakan di dalam bus kota menuju Masjid Jabal Arafah ditengah hiruk pikuk kota di pagi akhir pekan. Antusiasme besar itu pula terlihat dari hikmatnya peserta mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.

Berjalannya program-program LAZ Masjid Jabal Arafah ini, tidak lepas dari donasi yang terhimpun dari penghimpunan Zakat, Infaq, Sadaqah (ZIS) dari para muzaki/donatur. Peresmian pengajian rutin yang lahir dari program Arafah Taqwa ini merupakan wujud nyata dalam pengolahan dan pendistribusian dana ZIS tersebut. Sehingga dengan semangat pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini akan mengoptimalkan dalam peningkatan kepercayaan donatur.

(Andri; editor by Dasril)