Layanan yang baik, konsisten, dan terus-menerus ditingkatkan, akan menjadi kunci keberhasilan suatu usaha atau kegiatan. Demikian halnya dengan keberadaan Masjid Jabal Arafah Batam. Meskipun masih terhitung baru, yaitu digunakan pertamakali, dengan mengadakan shalat Jumat, tanggal 13 Juli 2012, bertepatan tanggal 23 Syaban 1433 Hijriyah.

Sejak awal, jauh sebelum proses pembangunan Masjid Jabal Arafah Batam, para pendiri dan penggagas menyadari -bahwa dengan letak yang strategis di pusat bisnis di Batam, harus dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan, dalam segala aspek layanan bagi jamaah dan pengunjung pada umumnya.

Tentunya semua bermula dari fungsi utama masjid, yakni sebagai tempat ibadah shalat Rawatib dan shalat Jumat. Seterusnya, disiapkan juga unsur pendukung dan penunjang -bagi keperluan dan kenyamanan jamaah maupun pengunjung pada umumnya.

Kini, mulai siang hingga malam hari, bahkan sejak pagi di saat hari libur akhir pekan dan hari libur lainnya, masjid Jabal Arafah telah menunjukkan fungsi dan perannya -menjadi salahsatu tujuan tempat ibadah, sekaligus sebagai tempat berkegiatan, bersantai bersama keluarga, teman, kerabat.

Sehingga akhirnya, makin banyak orang yang datang berkunjung ke Batam -apakah dalam rangka tugas dinas ataupun liburan dan kunjungan keluarga, rasanya kurang lengkap kalau tidak berkunjung ke Masjid Jabal Arafah, seperti demikian halnya ke jembatan Barelang.