Sumber: (www.batampos.co.id)

batampos.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk lebih disiplin dalam mengemban tugasnya sebagai abdi negara, dan tidak boleh bermalas-malasan dalam bekerja.

“ASN merupakan penyelenggara negara yang jadi kunci keberhasilan dari sebuah negara. Untuk itu negara tidak membutuhkan ASN yang tidak disiplin dalam bekerja. Apalagi ASN yang pemalas,” tegas Asman, usai mengikuti acara bakti sosial Ikatan Keluarga Kijang Perantauan (IKKP), di Masjid Raya Nurul Iman, Kijang, Bintan Timur, Sabtu (15/4) lalu.

Saat ini, lanjutnya Pemerintah Pusat sedang fokus melakukan perbaikan mutu dari seluruh ASN di Indonesia, dimana ASN sebagai penyelenggara negara dituntut untuk lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

Selain itu, penempatannya juga harus sesuai dengan jurusan pendidikan, sehingga nantinya keahlian dan pengalaman yang dimiliki bisa menjadi modal untuk bersaing dengan negara luar.

“Mental ASN yang kita inginkan tentunya, pekerja keras, dan mampu berinovasi untuk memunculkan ide-ide yang cemerlang demi kemajuan negara Indonesia,” ungkapnya.

Asman menjelaskan saat ini kondisi persaingan diantara negara luar semakin ketat, untuk itu ASN juga dituntut secepat mungkin bisa mengejar ketertinggalan, baik dari segi kinerjanya, maupun tingkat kedisiplinannya, dengan negara-negara maju, seperti Singapura, Jepang, maupun negara-negara Eropa dan Amerika lainnya.

“Kompetisi yang sesungguhnya semakin ketat. Harus ada perubahan nyata yang dibuat untuk bisa bersaing dengan negara luar. Dan itu harus dimulai dari sekarang,” jelasnya.

Tak lupa Asman juga mengingatkan kepada kepala daerah, agar lebih selektif lagi memilih ASN, seperti melantik pejabat pimpinan eselon II, dimana lebih ditekankan harus sesuai dan keahliannya, serta memiliki profesionalisme yang tinggi untuk bekerja.

“Kepala daerah juga harus betul-betul melihat bibit dan bobot dari ASN yang nantinya akan dilantik. Sehingga jabatan yang di pimpin dapat lebih efektif, sesuai dengan kerja nyatanya,” imbuhnya. (cr20)

www.batampos.co.id